Makanan Sehat Sewaktu Ibadah Haji dan Umroh

Ibadah haji dan umroh merupakan ibadah dalam rangka memenuhi rukun Islam ke lima yang pada hakekatnya adalah ibadah fisik spiritual yang terencana dan terprogram. Oleh karena itu dalam melaksanakan ibadah haji dan umroh diperlukan kesiapan fisik, mental, sosial sejak ditanah air, di perjalanan, saat melaksanakan kegiatan ibadah hingga kembali ketanah air.

Agar mampu menjalankan setiap kegiatan ibadah haji dan umroh tanpa kelelahan yang berarti, jamaah perlu makan dalam jumlah yang cukup dan mutu yang baik sesuai dengan kaidah gizi seimbang. Setiap zat gizi mempunyai fungsi yang khusus dalam tubuh, oleh karena itu sebaiknya semua zat gizi harus terdapat dalam makanan sehari-hari. Setiap orang memerlukan jumlah makanan yang berbeda sesuai dengan jenis kegiatan yang dilakukan (kegiatan ringan, sedang dan berat), jenis kelamin, kondisi tubuh, berat badan, dan tinggi badan.

Untuk memudahkan, berikut pedoman makanan jamaah haji dan umroh sebelum berangkat ke tanah suci :

  • Makanlah makanan yang beraneka-ragam dan terdiri dari berbagai bahan makanan seperti makanan pokok, lauk pauk, sayuran dan buah dalam jumlah yang cukup sesuai kebutuhan.
  • Pilihlah bahan makanan pokok yang tinggi serat seperti beras, jagung, kentang, Ubi, talas, singkong, roti, mie dan sebagainya.
  • Makanlah lauk pauk yang bernilai gizi tinggi seperti daging, telur, ikan, ayam, kacang-kacangan dan hasil olahannya seperti tahu, tahu, tempe dan sebagainya.
  • Makanlah sayuran berwarna seperti bayam, kangkung, wortel, labu kuning, sawi, daun singkong dan sebagainya.
  • Makanlah buah-buahan berwarna kuning atau kemerahan yang banyak mengandung vitamin seperti pisang, pepaya, jeruk, nenas, peer, anggur, apel, semangka dan melon.
  • Minum minimal 10 gelas per hari.
  • Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kota Bekasi pada 150 jemaah haji, 14% flu ringan dapat diatasi dengan mengonsumsi multivitamin. Jadi, bila diperlukan, jemaah haji juga dapat mengonsumsi multivitamin probiotik untuk menjaga sistem pencernaan dan flu selama di Tanah Suci.

Selama berada ditanah suci kemungkinan besar jamaah haji dan umoh akan mengalami perbedaan kebiasaan makan. Keadaan ini harus disadari sejak jamaah berniat untuk menunaikan ibadah haji dan umoh. Dengan niat dan tekad yang mantap, maka jamaah siap untuk menerima perubahan yang akan dihadapinya termasuk mengenai berbagai jenis hidangan atau bahan makanan baru yang terdapat di Arab Saudi.

Jenis makanan bergizi dapat dipilih dan disiapkan sebagai hidangan selama di Arab Saudi dengan contoh sebagai berikut :

  • Makanan Pokok salah satu atau campuran dari : nasi, nasi Birjani, chapatis, nasi Turki, kentang goreng, mie, nasi Buhari, nasi kari, roti.
  • Lauk – pauk dapat berupa : ayam goreng, ayam nugget, empal daging, sate ayam, kari dan gulai kambing, shih kebab, ayam semur, donner kebab, ikan goreng, cumi goreng, tempe/tahu goreng.
  • Sayuran dapat berupa : pecel, gado-gado, sayur asem, sayur sop, sayur bayam, oseng-oseng buncis.
  • Buah-buahan yang dapat disediakan : jeruk, apel, semangka, pisang, anggur, kurma segar
  • Minuman : Pada umumnya cuaca di Arab Saudi bersuhu tinggi (panas) dengan kelembaban sangat rendah, oleh karena itu selama berada di Arab Saudi biasakan minum air 1 gelas setiap jam walaupun tidak merasa haus. Air yang dapat diminum berupa air matang , air zam-zam, minuman dalam kemasan dan bermacam-macam sari buah. Apabila jamaah mengalami batuk, pilek, sebaiknya minum air hangat dan hindari minum air dingin. Sedangkan untuk minuman di musim dingin jamaah dapat memilih minuman seperti : susu panas, teh susu panas, kopi susu panas, minuman jahe ( dibawa dari Indonesia )

Makanan bergizi dapat membantu para jamaah haji dan umroh dalam mempertahankan kondisi tubuh agar tetap sehat dan prima. Makanan sehat dan bergizi yang seimbang adalah makanan yang cukup zat gizinya sesuai keperluan tubuh.

Cara Mudah & Cepat Menunaikan Ibadah Haji dan Umrah Tanpa Kendala Biaya

PT ARMINAREKA PERDANA SURABAYA
Penyelenggara Perjalanan Umroh & Haji Plus sejak 1990
Izin Umroh D/142 th 2009 & Izin Haji Plus D/80 th 2009
Kantor Perwakilan Surabaya – Jawa Timur
Divisi Marketing Armina Utama Sukses
Jl. Semolowaru Elok AL 2
031-7111 3345

Kantor Pusat
ARMINAREKA PERDANA
Gedung Menara Salemba Lt.V
Jl.Salemba Raya No.05 Jakarta Pusat 10440
Telp : 021.3984 2982 , 3984 2964
Fax : 021.3984 2985
http://www.arminarekaperdana.co.id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s